Translate

Jumat, 12 Oktober 2012

RAHASIA LANGSING ALA JEPANG


RAHASIA LANGSING ALA JEPANG

               Sudah mencoba cara mudah untuk tampil sehat dan cantik ala wanita Jepang? Sayang kalau belum. Sebab, langkah-langkah itu sangat mudah dilakukan dan kaya manfaat.
Sebuah buku karya Naomi Moriyama berjudul Japanese Women Don’t Get Old or Fat?, mengungkap bahwa wanita Jepang adalah kelompok wanita di negara maju yang paling rendah tingkat obesitasnya, dan memiliki tingkat panjang umur tertinggi.
               Perlu bukti? Silakan mengunjungi Jepang! Bisa dipastikan di sana bakal kesulitan menjumpai orang gemuk.
Sebaliknya, rata-rata yang terlihat adalah wanita-wanita dewasa maupun muda bertubuh langsing. Menurut buku Naomi, tubuh langsing para wanita Jepang dipengaruhi oleh pola makan, Naomi mencatat ada 6 hal utama yang menimbulkan fenomena langsing dan panjang umur yaitu :
1. Kebiasaan makan ikan. Kita paham orang Jepun tak bisa lepas dari ikan. Terutama Salmon, menjadi makanan nomor satu dan paling digemari.
2. Mengkonsumsi sayuran. Menurut Naomi, makan pagi berupa sayuran adalah lumrah. Meski ringan, tapi mengenyangkan.
3. Makan Mie. Ada Soba, Udon, Ramen, dan Somen. Rasanya berbeda-beda, dengan tekstur masing masing.
4. Minum Teh. Eisai, adalah seorang pandita Zen yang dianggap sebagai pencetus kecanduan teh di Jepun.
Predikat diberikan berkat buku yang tulisnya pada tahun 1211 berjudul drink Tea and Prolong Life?.
Buku itu mengupas khasiat teh. Terutama teh hijau, di Jepang sangat dihargai karena bisa menjadi pelindung kesehatan dan panjang umur.
5. Makan makanan tanpa minyak atau sedikit minyak. Ada steak, mie, sushi, ikan rebus, rice ball dan Udon.
6. Camilan buah-buahan. Orang Jepang tidak terlalu banyak makan buah. Mereka makan buah sebagai camilan dan makan dalam bentuk masih segar, bukan olahan. Mereka juga tidak terbiasa makan kue manis, biskuit, donat, dan hidangan penutup yang dipanggang, bakar, apalagi kemasan.
              Ternyata tampil langsing dan panjang umur tidak sulit bukan? Juga tak perlu keluar banyak uang. Cukup dengan membenahi pola makan. Lagipula hasil bumi Indonesia tak jauh beda dengan Jepun. Mulai dari ikan sampai buah-buahan. Yang membedakan hanyalah masalah kebiasaan serta kedisiplinan. Let’s try!
              Itulah mengapa wanita jepang walau makan dengan banyak atau melebihi porsi orang indonesia, jadi jangan heran bila mereka makan banyak tetapi tidak melar seperti orang indonesia.